Monday, May 25, 2020

Post pertama setelah kurang lebih dua tahun.

Dalam rentang waktu itu cukup banyak hal yang terjadi. Dari (akhirnya!) dapat gelar sarjana juga, kerja di salah satu stasiun TV yang paling terkenal di Indonesia, bertemu teman-teman yang lebih berpengalaman, sampai belajar hal-hal yang baru, dan lain-lain.

Menyenangkan dan sangaat patut disyukuri. Alhamdulillah.

Perlahan hal-hal yang tadinya cuma menjadi list, akhirnya bisa didapatkan. Sedangkan hal-hal yang belum tercapai namun sudah direncanakan, sepertinya harus mundur entah sampai kapan.

Ya, entah sampai kapan adalah satu-satunya kejelasan dalam ketidakjelasan yang diberikan oleh Covid-19 saat ini.

Buruknya, keadaan ini lebih memicuku untuk bersifat dan bersikap jauh lebih sensitif dari biasanya. Apalagi ketika satu dan lain hal yang membuatku teringat kejadian yang dulu. Terlalu beruntun dan aku tidak siap, yang membuatku nyaris menyerah.

Hingga aku sadar menyalahkan pihak lain, setidaknya bagiku, bukan jalan keluar yang baik. Jangankan menuntut pemerintah untuk melakukan kebijakan dengan benar, orang-orang paling dekat denganku saja masih sangat susah untuk diajak kerjasama terkait Covid-19. Dan akhirnya, menjaga dan melindungi kembali ke kesadaran masing-masing.

Lumayan sulit sebenarnya untuk mencapai titik itu. Namun alhamdulillah sekali, aku masih diberikan akal untuk bisa berpikir demikian.

Dan ini adalah hal-hal yang membantuku untuk mengambil keputusan yang tepat. Lucunya, orang terdekat lah justru yang paling bisa membuat kita sakit. Namun mereka semua menyadarkanku setiap orang punya kompleksitas dan berbagai hal yang diprioritaskan. Tidak selamanya hubungan (apapun itu) akan baik-baik saja. Suka atau tidak, hidup memang begitu. Kembali ke diri sendiri lagi, mau menyerah dan kehilangan semuanya atau mencoba melapangkan hati sendiri, bahwa ini bagian dari pelajaran untuk menjadi orang yang lebih lagi.

Hari Raya Idul Fitri kali ini benar-benar mengajarkanmu banyak hal ya, Dil.





2 comments:

  1. Dilaaa udah lama gak keliatan di mana-mana. Mohon maaf lahir dan batin ya :D Stay safe and healthy!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Memeeeeiii, mohon maaf lahir dan batin juga. Semoga lancar terus sharing session yg memei buaaatt. Jaga kesehatan juga yaaak.

      Delete