Wednesday, May 17, 2017

Aku ga ngira film yang aku liat tiga tahun yang lalu karna iseng ini ternyata bakal punya pengaruh yang cukup besar buatku. Film ini bercerita tentang Oh Mal Soon, seorang nenek yang berumur 70 tahun dan tinggal serumah dengan anak tunggalnya yang sudah berkeluarga. Dengan kepribadiannya yang bawel, suka ngatur, dan lumayan ceplas-ceplos tanpa peduli situasi, mau ga mau ini membuat situasi rumah kurang nyaman. Sampai suatu saat, menantunya beneran ga tahan dan jatuh sakit karna sangkin stress ngadapin mertua yang model begitu. Intinya supaya cepat sembuh, menantunya perlu kondisi yang tentram. Karna itu jadi dokter menyarankan menantunya untuk hidup terpisah dengan Oh Mal Soon, yang artinya adalah mengirimkan Oh Mal Soon ke Panti Jompo. Ketika dia ga sengaja dengarin anak kesayangannya rela ngirim dia ke Panti Jompo, dia sedihnya bukan main. Masih dengan suasana hati yang sedih, pas lagi jalan dia ngeliat ada studio foto. Menurutnya, tinggal di Panti Jompo sama aja dengan waktu hidupnya sebentar lagi. Jadi dia mutusin mampir ke studio itu untuk mengambil foto buat pemakamannya nanti. Karna ngerasa ini bakal jadi foto terakhir dalam hidupnya, Oh Mal Soon pun mulai berdandan secantik mungkin. Pas mau difoto, tiba-tiba sang fotografer berkata, “Saya akan membuatmu terlihat 50 tahun lebih muda.” Setelah dari studio foto ini, petualangan Oh Mal Soon yang baru pun di mulai. Kata-kata fotografer tadi bukan hanya penghibur semata, ternyata fisik Oh Mal Soon kembali persis saat ketika dia berumur 20 tahun. Untuk lebih lengkapnya, silakan ditonton sendiri. Hehe.

Kembali ke pengaruh yang cukup besar seperti yang tadi aku bilang, film ini berhasil bikin aku ngerasa terhibur plus sedih. Terhibur karna jalan ceritanya lumayan bagus dan sedih karna sebenarnya isu ini ada dan sering terjadi di sekitar kita. Ketika sudah berkarir atau berkeluarga, tidak sedikit orang yang perhatian pada orang tuanya mulai berkurang. Syukur-syukur masih ada rasa perhatian, tidak jarang ada yang bahkan sama sekali tidak peduli lagi dengan keadaan orang tuanya. Padahal pada saat lansia ini lah seorang manusia lagi sensitif-sensitifnya. Pada saat lansia ini juga lah mereka sangat membutuhkan orang lain. Namun sayang, masih banyak yang kurang beruntung untuk mendapatkan kenyamanan dan kesenangan di hari tuanya.

Karna mengubah karakter orang (anaknya) dalam hal ini sepertinya bukan solusi yang agak tepat (dan lagian siapa aku coba ngatur-ngatur urusan atau masalah keluarga orang lain? -_- Mungkin anaknya juga punya alasan kan jadi ga bisa langsung dihakimin gitu aja.) makanya aku nyoba nyari cara yang masih nyambung dengan kemampuanku untuk membantu ngasih solusi pada isu ini. Berhubung keilmuanku adalah Desain Interior, aku berencana untuk merancang interior Panti Jompo.

Lagipula menurutku Panti Jompo itu sendiri ga separah kaya yang dibilang banyak orang, karna kan dari kecil kita dibiasakan dengan lingkungan pertemanan yang umurnya ga terlalu jauh, misal tk, sd, smp, sma, bahkan kuliah kadang paling jauh beda umur sama temen itu 25 tahun. Jadi aku nanti pas uda tua (walaupun punya anak), maunya di Panti Jompo aja. 'Ngegaul' sama yang seumuran sepertinya ga sejelek itu. Nah makanya sebelum saat itu tiba, aku mau usaha dulu nyari cara buat ngakalin Panti Jompo ini.

Dulu pas masih tugas Merancang IV di Telkom, projectnya itu restoran jadi aku nyoba ngerancang interior restoran khusus lansia. Tapi ternyata kurang lancar wqwq akhirnya malah justru ini jadi perancangan terakhir yang aku buat di kampus itu. :)) Masuk Merancang IV di kampus baru, projectnya itu kantor, ga nyambung kalo dimasukin ke ranah lansia jadi aku harus nunggu semester berikutnya untuk beneran ngelakuin niat ini.

Sekarang semester ini, di Merancang V aku bisa ngerancang sesuai yang aku mau, yaitu Panti Jompo. Karna ini pra tugas akhir, berarti tugas akhir nanti bisa dipastiin projectku juga tetap Panti Jompo. Semoga bisa optimal, karna mungkin aja sekarang baru desainnya tapi beberapa saat kemudian aku bisa beneran ngebangun Panti Jompo yang sangat nyaman, aman, dan sesuai dengan perkembangan zaman. Yang akhirnya ini bisa agak menghilangkan stereotype negatif tentang Panti Jompo, jadi para lansia (khususnya di Indonesia) ga bakal ngerasa atau dianggap anggota keluarga yang terbuang.

Walaupun aku nanti ada keinginan buat berada di Panti Jompo, bukan berarti aku bakal ngelakuin hal yang sama ke orang tuaku sendiri. Banyak alasannya tapi yg paling penting karna pertama, sekarang tempat ini masih sangat super negatif dan fasilitasnya masih banyak yang kurang diperhatikan. Ngapain aku bawa orang tuaku ke tempat yang istilahnya sama sekali ga bagus? Kurang ajar kali aku jadi anak wak -_- Kedua, aku tau betul gimana sifat orang tuaku. Mereka pasti lebih pengen dekat sama anak dan cucunya lebih dari apapun juga. Jadi ya begitu.

Btw, kalo ga salah sebentar lagi bakal ada Miss Granny versi Indonesia. Ngeliat dari trailernya lumayan sama -_- tapi jangan sama semuanya lah wak. Kalo persis sama semua ya ngapain dibikin film baru kan. Semoga film Sweet 20 ini tida mengecewakan ya.


No comments:

Post a Comment